Pengikut Blog Kuala Kapuas


ARTIKEL TERAKHIR

PNS Dilatih Kendalikan Kebakaran Hutan

Bookmark and Share
BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Sebanyak 50 pegawai negeri sipil (PNS) dari dinas, badan, lembaga, dan instansi di Kabupaten Kapuas, Rabu (30/3/2011), mengikuti pelatihan penanganan dan pengendalian kebakaran hutan.

Kepala Badan Kesbang Politik dan Linmas Kapuas Djumrinson, menyebut tujuan kegiatan agar peserta terampil melakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Pelatihan yang juga mengikutkan anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) ini antara lain menghadirkan sejumlah pemateri dari Badan Lingkungan Hidup, Dinas Perkebunan dan Kehutanan, TNI/Polri serta dari Kesbangpolinmas.

"Dengan pelatihan ini, peserta nantinya bisa bertindak terampil, profesional, loyal, berhasil guna dan berdaya guna jika kebakaran hutan dan lahan terjadi," kata Djumrinson.

Sementara Bupati Kapuas HM Mawardi, sebelum membuka kegiatan mengingatkan bahaya kebakaran, baik itu kebakaran hutan, lahan maupun pemukiman, terutama memasuki musim kemarau. Diperlukan kesadaran semua pihak untuk mengantisipasinya.

Bupati menilai saat ini, perhatian masyarakat terhadap penanganan kebakaran pada lingkungan strategis (pasar), pertokoan, atau perumahan sudah berjalan dengan baik dan maksimal, sedangkan terhadap kebakaran hutan dan lahan sangat kurang.

Karenanya, melalui koordinasi dan pelatihan ini dapat meningkatkan peran aktif peserta dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan yang mampu menyebarkannya kepada masyarakat.

“Kepada para pengurus dan jajaran anggota pemadam kebakaran agar dapat menjaga, memelihara sarana pemadam kebakaran yang dibantu oleh pemerintah daerah,” kata Mawardi.

Selain itu anggota pemadan kebakaran juga diharapkan dapat memanfaatkan peralatan yang dimiliki untuk membantu masyarakat dalam upaya menanggulangi bahaya kebakaran, baik itu kebakaran lingkungan perumahan, lahan maupun kebakaran hutan.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }