Pengikut Blog Kuala Kapuas


ARTIKEL TERAKHIR

Kuota Haji Tambahan, Ikut Manasik Bayar Rp 300 Ribu

Bookmark and Share
Jamaah Haji Kuala Kapuas
PALANGKA RAYA - Pendeknya batas waktu yang tersedia bagi pengurusan kuota jamaah haji tambahan, membuat semua seakan berpacu dengan waktu. Tak hanya calon jamaah, tapi juga pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya. 

Untuk membekali jamaah tentang pengetahuan haji, Kemenag berinisiasitif melaksanakan manasik haji, mulai Rabu (21/9) pagi pukul 07.30. "Manasik akan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai Rabu (21/9) pagi ini pukul 07.30 sampai Jumat (23/9). Atau sampai jamaah betul-betul mengerti," ujar Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Drs Muhammad, Selasa (20/9). 

Kegiatan manasik ini sementara pembiayaannya ditanggung swadaya oleh calon jamaah haji kuota tambahan. Satu orang Rp 300 ribu. Namun bila nanti ada penggantian dana dari Kemenag Pusat, menurut Muhammad uang itu akan dikembalikan ke jamaah. Sementara itu untuk kuota tambahan, masih ada delapan orang belum lapor. Sedangkan yang sudah lapor dan melakukan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) ada 78 orang. "Kami akan gerilya untuk mencari dengan mendatangi rumah mereka yang belum lapor," ujar Muhammad. 

Secara keseluruhan jumlah jemaah haji asal Palangka Raya, ada 277 orang. Terdiri dari jamaah regular 191 ditambah jamaah kuota tambahan 86. Diantaranya ada tim panitia haji daerah dari provinsi delapan orang dan dari Pemko Palangka Raya tiga orang. Beberapa proses penting yang harus diketahui jamaah kuota tambahan adalah, setelah menyelesaikan pembayaran BPIH di bank dan menyerahkan ke Kemenag beserta berkas awal saat mendaftar. Jamaah juga diminta secepatnya mengurus paspor. Setelah paspor selesai, diserahkan ke Kemenag Kota Palangka Raya, untuk pengurusan visa. 

Mulai kemarin paspor sudah di bawah ke Jakarta untuk pengurusan visa. Ditanya tentang jadwal vaksin meningitis, pembagian tas haji, pembagian kelompok terbang dan rombongan, Muhammad menyampaikan akan diumumkan menyusul. "Nanti akan ada pemberitahuan dari kami. Namun sebaiknya keluarganya sehari atau dua sekali mengecek ke Kemenag Kota, apakah ada pemberitahuan atau tidak," ujar Muhammad mengimbau. 

Pelaksanaan vaksin meningitis akan dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya di Jalan Tjilik Riwut Km 5. Namun masih menunggu pemberitahuan. Sedangkan untuk pembagian tas dan juga jadwal keberangkatan menunggu dari Kanwil Kemenag Provinsi Kalteng. (sma/viv)

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }