Pengikut Blog Kuala Kapuas


ARTIKEL TERAKHIR

Kapuas Peringkat Kedua Adipura

Bookmark and Share
BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Obsesi Kapuas meraih penghargaan Adipura, tinggal sedikit lagi. Paling tidak hasil penilaian tahap pertama menunjukkan prestasi yang menggembirakan.

Jika 2010 Kota Kualakapuas berada pada posisi keempat dengan nilai 58,80 untuk klasifikasi kota kecil, kali ini naik di tempat kedua setelah Pangkalanbun, Kotawaringin Barat.

"Namun untuk penilaian lanjutan, masih ada beberapa hal yang harus dibenahi," ujar Sekretaris Tim Pokja Adipura Kapuas Yan Miller, Selasa (29/3/2011).

Keunggulan Kualakapuas dalam upaya meraih penghargaan tertinggi di bidang kebersihan itu antara lain didukung taman dan hutan kota, meski masih harus dibangun hal serupa di sejumlah kawasan lain sebagai ruang terbuka hijau.

Di sisi lain, kelemahan terbesar justru pada perilaku sebagian kecil masyarakat di kawasan pasar yang masih suka membuang sampah sembarangan.

Menurut Miller yang juga Kepala Bidang Evaluasi dan Analisis Lingkungan Badan Lingkungan Hidup Kapuas, perilaku ini bisa menjadi ganjalan bagi pencitraan kota Kualakapuas yang bersih.

"Dalam hal partisipasi, kesadaran masyarakat Kota Kualakapuas sudah muncul. Hanya perlu ditingkatkan," tambahnya. (Mustain Khaitami)

{ 1 comments... Views All / Post Comment! }

syahrin mengatakan...

diperbanyak aja pasang plat pengumuman "DI LARANG MEMBUANG SAMPAH DI SUNGAI" pa yan, terutama di daerah pasar danau mare dan pelabuhan ferry kapuas.