Pengikut Blog Kuala Kapuas


ARTIKEL TERAKHIR

4 Ton Pupuk 'Diamankan' Polisi

Bookmark and Share
KUALA KAPUAS - Polres Kapuas melakukan pemasangan garis polisi terhadap tumpukan pupuk pada sebuah gudang di Kapuas Seberang Kabupaten Kapuas, Kalteng. Sejauh ini, belum jelas alasan polisi melakukan pemasangan garis polisi di gudang tersebut.

Kasat Reskrim AKP Rahmat Amsori yang beberapa kali dicoba untuk dimintai konfirmasi, Kamis (4/12), tidak berhasil dihubungi karena ponselnya tidak diangkat.

Informasi yang didapat, pemasangan garis polisi itu dilakukan terkait adanya dugaan pemilik mengganti karung dari pupuk bersubsidi menjadi non-subsidi. Namun hal ini dibantah Surya Darma, pemilik sekaligus sub distributor pupuk di Kabupaten Kapuas.

"Pupuk itu diganti karungnya karena karung terdahulu kotor," jelas dia, kemarin.

Menurut dia, pupuk yang dipasangi garis polisi itu berjumlah empat ton yang terdiri dari 80 sak isi 50 kilogram. Nilainya Rp 18 juta yang dia terima dari PT Nor Afiat selaku distributor di Banjarmasin.

Pupuk nonsubsidi yang berganti karung itu merupakan hasil lelang yang dilakukan Pupuk Kaltim. Pupuk sweeping, begitu pupuk itu dia sebut, yakni pupuk ristan (sisa) yang selama ini tersimpan di gudang produsen karena kemasannya rusak sehingga dilelang.

Surya mengakui, kesalahannya mengganti karung pupuk itu karena karung semula tidak diberi tanda silang atau membaliknya. "Ini karena memang saya tidak tahu karena sebelumnya tidak pernah mendapatkan penjelasan. Tapi yang pasti, pupuk itu tetap pupuk yang sama dan nonsubsidi," timpal dia.

Dibanding pupuk nonsubsidi yang didapat dari pembelian langsung, harga beli pupuk nonsubsidi hasil lelang ini lebih murah. Untuk setiap kilogram, sebut dia, nilainya Rp 4.500. Sedangkan kalau yang bukan dari hasil lelang, harganya Rp 8.000 per kilogram.

Salah seorang penyidik di Polres Kapuas menyebut, sejauh ini masih melakukan penyelidikan terkait masalah tersebut. "Kita juga akan memanggil salah seorang saksi ahli untuk dimintai keterangan masalah ini," jelasnya. [bpost]

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }